Kembangkan kepercayaan diri Anda dalam berinteraksi dengan orang lain atau bersosialisasi dengan mengembangkan keterampilan komunikasi yang kuat. Keterampilan komunikasi adalah kunci untuk menciptakan dan membangun jaringan sosial yang kokoh.

Ini juga membantu Anda memenuhi kebutuhan Anda sendiri, sambil memperhatikan kebutuhan orang lain. Orang tidak hanya dilahirkan dengan keterampilan komunikasi yang baik; mereka dipelajari melalui serangkaian trial and error dan praktek terus menerus.

Mungkin tantangan terbesar bagi seseorang dengan kecemasan sosial adalah memulai diskusi dan membuat mereka terus berjalan. Sepenuhnya diharapkan untuk bertengkar sedikit ketika Anda mencoba untuk membuat pembicaraan santai, karena tidak selalu mudah untuk mempertimbangkan komentar untuk diucapkan. Ini terutama benar ketika merasa gelisah. Namun, orang yang cemas terlalu banyak bicara, yang dapat berdampak negatif pada orang lain.

Berperilaku seperti makhluk sosial, terlepas dari apakah Anda tidak menyukainya. Cobalah untuk tidak membiarkan ketidaknyamanan membuat Anda sedih. Pilih untuk bercakap-cakap dengan individu baru dan berdiskusi dalam acara apapun, ketika Anda merasa khawatir tentang hal itu. Setelah beberapa waktu, ini akan menjadi lebih sederhana dan Anda akan segera mulai meningkatkan keterampilan sosial Anda.

Jika Anda membutuhkan pertimbangan dalam diskusi, ajukan pertanyaan terbuka. Mendesak orang lain untuk berbicara sehingga Anda tidak perlu mengobrol secara diam-diam. Ajukan pertanyaan untuk mendukung diskusi. Banyak orang sangat menghargai diskusi tentang diri mereka sendiri. Tunjukkan bahwa Anda tertarik untuk mendengarkan apa yang dikatakan.

Kebiasaan yang baik juga dapat meningkatkan bakat sosial Anda. Berusahalah untuk bersikap setuju, menunjukkan penghargaan, dan memanfaatkan rahmat sosial yang besar. Komunikasi non-verbal juga penting. Fokus pada jenis komunikasi non-verbal yang Anda gunakan.

Cobalah untuk terlihat santai, lakukan kontak mata dalam jumlah yang sesuai, dan tampak terbuka untuk percakapan. Tawarkan pujian dengan tulus. Pujian bisa menjadi metode yang luar biasa untuk membuka pintu diskusi.

Lihat pola dan laporan terkini sehingga Anda memiliki sesuatu untuk didiskusikan dengan individu. Berusaha untuk menjauhkan diri dari apa pun yang terlalu meragukan, misalnya, masalah pemerintah, namun berbicara tentang berbagai berita yang mungkin menarik.

Ini mungkin cara yang bagus untuk memulai diskusi dan dapat membantu Anda untuk tetap berpegang pada topik yang tidak bias. Anda juga bisa menyampaikan dengan tegas. Jika Anda sedang gelisah secara sosial, Anda mungkin mengalami kesulitan untuk mengkomunikasikan perasaan Anda secara langsung.

Ketegasan bisa jadi sulit dipelajari, terutama karena bersikap tegas dapat berarti menjauhkan diri dari cara Anda biasanya menyelesaikan sesuatu. Misalnya, Anda mungkin takut akan perselisihan, dan tidak memberikan pendapat Anda. Akibatnya, Anda mungkin telah membangun gaya korespondensi yang menyendiri.

Meski begitu, gaya komunikasi yang tegas membawa banyak keuntungan. Misalnya, ini dapat membantu Anda berhubungan dengan orang lain dengan lebih tulus. Itu juga memberi Anda lebih banyak kendali atas hidup Anda, dan mengurangi sentimen ketidakberdayaan. Selain itu, hal itu memungkinkan orang lain memiliki pilihan untuk menjalani hidup mereka.

Bersikap tegas berarti benar-benar berdiskusi dengan orang lain. Bagaimanapun, memberi tahu orang lain bagaimana perasaan Anda dan mencoba menyelesaikan pertukaran menunjukkan rasa hormat untuk diri Anda sendiri maupun orang lain. Karena Anda mengungkapkan pendapat dan preferensi Anda tidak menyiratkan bahwa orang lain terpaksa menuruti Anda. Jika Anda berkomunikasi dengan percaya diri tidak memaksa, maka Anda memberi ruang untuk orang lain.

Bagian penting dari sikap tegas adalah mendefinisikan dan menjaga batasan individu. Ini sulit bagi sebagian orang. Dengan teman-teman kita, kita mungkin menekankan bahwa mereka akan menganggap kita berpikiran sempit dan berhati dingin karena kita tidak melakukan semua yang mereka minta.

Di tempat kerja, kita mungkin khawatir orang lain akan mengira kita lesu atau tidak efisien ketika kita tidak melakukan semua yang diminta. Tetapi, orang lain tidak dapat dengan cara apa pun menyadari betapa sibuknya Anda kecuali jika Anda memberi tahu mereka. Kebanyakan orang akan merasa sedih untuk mengetahui bahwa Anda telah mencapai sesuatu untuk mereka yang benar-benar Anda benci lakukan.

Jika Anda memiliki banyak pemikiran negatif tentang keterampilan sosial Anda, itu bisa berubah menjadi hasil yang tak terhindarkan. Yang perlu Anda lakukan adalah menggantikan pikiran negatif dengan pikiran yang semakin realistis. Cobalah untuk tidak membiarkan diri Anda memikirkan pikiran-pikiran yang tidak produktif untuk membuat interaksi sosial Anda berhasil!